Selasa, 22 Desember 2009

program kerja

PROGRAME DESCRIPTION

1. Rapat Agenda Setting

o Rapat Agenda Setting, adalah “Forum Tertinggi” dalam proses produksi siaran berita.

o Setiap petugas yang terkait dengan proses produksi, wajib melaksanakan Rekomendasi (Putusan Rapat) yang ditetapkan dalam Rapat Agenda Setting,

o

1.Warta Berita :

o Paket (bulletin) Warta Berita, adalah kumpulan berita-berita yang terdiri atas Straight News ( Berita lempang), News Insert atau Voice Report.

o Bulletin Warta Berita berisikan berita-berita dalam dan Luar negeri yang bernilai signifikan dan actual, mengacu pada unsur kedekatan (proximitas) nasional, yang menjadi kepentingan dan kebutuhan publik (misal : berita tentang konflik social politik, kasus bom, musibah nasional, dll).

2. Laporan Hankamnas

Sebuah acara bernuansa Jurnalistik Radio dan memiliki nilai berita yang disajikan dalam bentuk laporan mengenai info situasi Hankamnas di Tanah air. Acara ini dikemas secara sederhana dengan durasi sekitar 5 menit dan disajikan secara live atau produksi rekaman diwaktu dini hari.

3. Laporan Cuaca

Sebuah acara Produk jurnalistik Radio yang berisikan informasi mengenai cuaca. Informasi ini dapat disampaikan langsung oleh penyiar kontinuity atau presenter studio.

4. DISKUSI OLAHRAGA :

aktifitas olah raga disajikan secara diskusi ringan berdurasi 15 menit. Sebuah acara dialog Interaktif antara presenter / Penyiar / Moderator Studio dengan masyarakat, dan atau tanpa nara sumber mengenai

5. KATA-KATA BIJAK :

· Sebuah tip acara yang informative sebagai selingan dalam menanti / menjelang penyiaran Warta Berita.

· Acara ini bertujuan agar dapat memberikan kesejukan bathiniah kepada publik melalui pengutaraan ungkapan fisafat, berdurasi sekitar 3 menit.

6. NEWS INTERVIEW:

· Penyajian suatu bentuk karya Jurnalistik Radio yang bernilai berita dan dilakukan melalui pendekatan wawancara ( Kapsul) dalam berita, ataupun wawancara berita yang terlepas dalam siaran berita.

· Durasi antara 5 hingga 30 menit.

7. “SELAMAT PAGI RRI”, PUKUL 07.30 WIB :

· Sebuah acara Dialog Interaktif antara presenter di Studio dengan warga masyarakat melalui jalur telephone.

· Dalam acara yang berdurasi 30 menit ini warga masyarakat dapat menyampaikan keluhan / pengaduan atau saran berkaitan dengan gangguan / kesulitan / hambatan dari fasilitas social (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) misalnya gangguan telephone Air PAM, Listrik, sarana pendidikan dll.

· Diharapkan masyarakat dapat memperoleh jawaban / Tanggapan / Solusi dari pihak yang berkompeten.

· Dalam acara berdurasi 30 menit ini dapat disajikan secara live atau dapat dalam bentuk produksi rekaman.

8. VARIA NUSANTARA, PUKUL 09.05 WIB:

· Sebuah produk Jurnalistik Radio berbentuk News Round Up yang berisi Informasi ringan dan menarik (Human Interest) yang terjadi di Jakarta maupun di daerah-daerah.

· Diharapkan acara yang berdurasi sekitar 10 menit ini dapat disajikan secara live atau dalam bentuk produksi rekaman.

9. WARTA OLAH RAGA / RUBRIK OLAH RAGA:

· a. Berisi tentang berbagai informasi dunia olah raga baik berupa straight News, Voice report, Report On The Spot (ROS), Laporan, ataupun wawancara .

· b. Acara yang berdurasi 30 menit ini juga diperuntukan bagi daerah sebagai kontributor jika ada peristiwa hangat yang sedang terjadi.

10. SOLUSI:

Berdurasi sekitar 30 menit s/d 45 menit Berisi wawancara dengan nara sumber yang berkaitan dengan keluhan / pengaduan atau saran masyarakat mengenai masalah-masalah sosial.

11. NEWS ROUND UP:

· Berdurasi sekitar 10 menit berupa laporan kegiatan pembangunan dan isu actual lainnya di daerah-daerah di Indonesia.

· Acara ini disajikan secara live atau produksi rekaman.

12. NUANSA DEMOKRASI ( SUARA RAKYAT)

· Sebuah acara dialog Interaktif selama kurang lebih 45 menit , membahas berbagai isu social politik dan ekonomi yang merupakan aspirasi langsung dari masyarakat.

· Acara ini dipandu oleh seorang presenter dari studio dan dapat melibatkan seorang nara sumber.

13. MAJALAH OLAH RAGA / MONITORING OLAH RAGA

Berdurasi 25 menit, sebuah acara dialog Interaktif untuk dunia olah raga yang disiarkan secara live dan di pandu seorang presenter di Studio.

14. BERITA PRO- 3:

Berdurasi 50 menit, sebuah acara majalah berita dikemas secara apik sesuai prinsip NEWS CURRENT AFFAIR (Pengembangan Masalah Aktual) dengan menggunakan pola siaran Circle clock.

15. WARTA BERITA EKUIN:

· Berdursdi 15 menit, merupakan acara siaran berita / Informasi seputar Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Industri, yang dikemas dalam bentuk laporan Live atau produksi rekaman.

· Acara ini dapat pula diselingi dengan wawancara berita (News Interview) dalam bentuk kapsul.

16. SELEKTA MALAM PUKUL:

· Sebuah acara dialog Interaktif dipenghujung malam yang mengangkat topik atau issue Sentral yang penting dan signifikan dengan melibatkan nara sumber.

· Acara yang dipandu satu atau dua presenter menyajikan secara luwes dan menarik.

------------ o0o ------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar