Rabu, 30 Desember 2009

Keburukan struktur organisasi garis atau staf dan fungsional pada suatu institusi pendidikan

Organisasi merupakan suatu rangkaian proses kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kegunaan sumber dalam menentukan berhasilnya suatu proses dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi dalam mencapai tujuan. Dalam suatu organisasi diperlukan struktur yang merupakan kerangka, untuk mencapai tujuan yang lebih efektif.

Suatu institusi pendidikan adalah suatu struktur organisasi yang sangat kompleks, dimana didalamnya terdapat hubungan manusiawi antara mereka-mereka yang mempunyai kepentingan antara staf biasa dengan staf pengajar sebagai fungsional dalam suatu struktur organisasi kependidikan. Tetapi dalam kenyataannya selalu ada benturan pada garis staf dan garis fungsional karena adanya kepentingan masing-masing yang sangat kuat, contohnya adanya hubungan kedekatan dengan pimpinan struktur organisasi kependidikan tersebut. Akibat dari kedekatan ini sering menimbulkan perselisihan antar mereka.
Setiap organisasi untuk menjadi efektif harus memiliki struktur organisasi.
Tapi apa struktur organisasi? Ini adalah bentuk struktur yang menentukan hierarki dan struktur pelaporan organisasi.Ini juga disebut bagan organisasi. Ada berbagai jenis organisasi perusahaan mengikuti struktur yang tergantung pada berbagai hal; itu dapat didasarkan pada wilayah geografis, produk atau hirarki. Singkatnya struktur organisasi adalah rencana yang menunjukkan organisasi kerja dan pengaturan kerja sistematis.

Jenis Struktur Organisasi
Ada berbagai jenis dan struktur organisasi perusahaan harus memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Struktur tradisional
Ini adalah jenis struktur organisasi yang mengikuti aturan-aturan dan prosedur ke T. mereka ditandai dengan memiliki garis-garis otoritas yang tepat untuk semua tingkatan dalam manajemen. Under types of structures under traditional structures are: Bawah struktur jenis di bawah struktur tradisional adalah:

Line Struktur - ini adalah jenis struktur yang sangat spesifik memiliki garis komando. Persetujuan dan perintah dalam struktur semacam ini datang dari atas ke bawah dalam baris. Maka baris nama struktur. Struktur semacam ini cocok untuk organisasi yang lebih kecil seperti kantor akuntan kecil dan kantor hukum. Ini adalah semacam struktur yang memungkinkan pengambilan keputusan yang mudah, dan juga sangat bersifat informal.Mereka memiliki lebih sedikit departemen, yang membuat seluruh organisasi yang sangat terdesentralisasi satu.

Line dan Staf Struktur - meskipun struktur garis cocok untuk sebagian besar perusahaan, terutama yang kecil, tidak efektif untuk perusahaan besar. Ini adalah di mana garis dan struktur organisasi staf datang ke dalam bermain.Line dan struktur struktur menggabungkan baris di mana informasi dan persetujuan yang datang dari atas ke bawah, dengan staf departemen untuk dukungan dan spesialisasi. Line and staff organizational structures are more centralized. Baris dan staf struktur organisasi yang lebih terpusat. Manajer dan staf mempunyai otoritas atas bawahan mereka, tetapi staf manajer tidak memiliki otoritas atas garis manajer dan bawahan mereka. Proses pengambilan keputusan menjadi lebih lambat dalam tipe struktur organisasi karena lapisan dan pedoman yang khas untuk itu, dan membiarkan tidak melupakan formalitas yang terlibat.
Struktur fungsional - semacam ini orang-orang mengklasifikasikan struktur organisasi sesuai dengan fungsi yang mereka lakukan dalam kehidupan profesional mereka atau sesuai dengan fungsi-fungsi yang dilakukan oleh mereka dalam organisasi. Bagan organisasi sebuah organisasi berbasis fungsional terdiri dari Vice President, Penjualan departemen, Departemen Layanan Pelanggan, Rekayasa atau departemen produksi, departemen Akuntansi dan Administrasi departemen.

Divisi Struktur
Ini adalah jenis struktur yang didasarkan pada divisi yang berbeda dalam organisasi. These structures can be further divided into: Struktur ini dapat dibagi lagi menjadi:

Struktur produk - produk struktur pengorganisasian didasarkan pada karyawan dan bekerja atas dasar dari berbagai jenis produk. Jika perusahaan memproduksi tiga jenis produk, mereka akan memiliki tiga divisi yang berbeda untuk produk ini.
Struktur Pasar - struktur pasar yang digunakan untuk kelompok karyawan berdasarkan pasar khusus menjual perusahaan masuk sebuah perusahaan dapat memiliki 3 pasar yang berbeda yang mereka gunakan dan menurut struktur ini, masing-masing akan menjadi divisi yang terpisah dalam struktur.
Geografis Struktur - organisasi besar memiliki kantor di tempat yang berbeda, misalnya mungkin ada zona utara, zona selatan, barat dan timur zona. The organizational structure would then follow a zonal region structure. Struktur organisasi kemudian akan mengikuti struktur wilayah zonal.

Struktur Matrix
Ini memadukan yang terbaik dari kedua dunia untuk membuat struktur organisasi yang efisien. Struktur ini merupakan yang paling rumit struktur organisasi.

Penting untuk menemukan struktur organisasi yang terbaik bagi organisasi, sebagai salah mengatur menghambat bisa berfungsi dengan baik dalam organisasi.

refrensi Khushnuma Irani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar