Selasa, 10 Mei 2011

Kalimat Deduksi secara Tidak Langsung

1. Silogisme Kategorial

Contoh Kalimat:
  • Semua Manusia memiliki sifat bijaksana
Orang Tua adalah Manusia

Jadi, Orang tua memiliki sifat bijaksana
  • Semua Bola adalah Bulat
Bulat adalah Bola

Jadi, Bola adalah Bulat

2. Silogisme Hipotesa

Contoh Kalimat :
  • Jika lapar pasti saya makan nasi.
Saya lapar saya makan.

Jadi saya makan nasi.

Jika tidak lapar, saya tidak makan nasi.

Tidak lapar tidak makan,

Jadi saya tidak makan nasi.

  • Jika kayu digergaji kayu patah
Kayu digergaji kayu patah

Jadi, kayu patah

Jika kayu tidakdigergaji, kayu tidak patah

tidak digergaji, tidak patah

Jadi kayu tidak patah

3. Silogisme Alternatif

Contoh Kalimat :
  • Saya akan berlibur ke Korea atau Jepang.
Saya berlibur ke Korea.

Jadi saya tidak akan berlibur ke Jepang.

  • Pak Budi adalah seorang pilot atau masinis
Pak Budi seorang pilot

jadi bukan masinis

4. Silogisme Entimen

Contoh Kalimat :
  • Saya makan karena saya lapar
  • jika ES di panaskan maka ES mencair
5. Rantai Deduksi

Contoh Kalimat :
  • Semua buah belimbing masam rasanya. (hasil generalisasi) Kali ini saya diberi lagi buah belimbing. Sebab it, buah belimbing ini juga pasti masam rasanya. (deduksi) Saya tidak suka akan buah-buahan yang masam rasanya. (induksi: generalisasi) Ini adalah buah belimbing masam. Sebab it, saya tidak suka buah belimbing ini (deduksi) Saya tidak suka makan apa saja, yang tidak saya senangi (induksi: generalisasi) Saya tidak suka buah ini. Sebab it saya tidak akan memakannya. (deduksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar